Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ibukota Pindah Ke Kaltim, 2 Tim Ini Bakal Geser Status Persija Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 27 Agustus 2019, 17:38 WIB
Ibukota Pindah Ke Kaltim, 2 Tim Ini Bakal Geser Status Persija Jakarta
Mitra Kukar kelak akan punya status baru, gantikan Persija/Mitra Kukar Official
rmol news logo Kepastian Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara yang dipilih sebagai lokasi Ibukota Negara baru bakal berdampak terhadap 2 klub lokal. Saat ibukota resmi dipindah, keduanya pun bakal punya status baru.

Ya, selama ini status tim ibukota hanya "dikuasai" Persija Jakarta. Meskipun sebenarnya masih ada tim lain di wilayah DKI Jakarta ini.

Kini, status Persija sebagai tim ibukota bakal hilang, saat Ibukota Negara sudah resmi pindah ke dua kabupaten di provinsi Kalimantan Timur itu.

Lalu, siapakah klub yang bakal mengganti posisi Persija Jakarta? Pertama sudah pasti adalah Mitra Kukar. Tim yang kini berlaga di Liga 2 2019 tersebut sudah cukup dikenal di kompetisi sepak bola nasional. Musim lalu, tim berjuluk Naga Mekes ini masih tampil di kasta tertinggi, Liga 1.

Tim kedua adalah Penajam Utama. Tim asal Kabupaten Penajam Paser Utara ini memang tidak terlalu dikenal di sepak bola Indonesia. Maklum, mereka hingga saat ini masih berkutat di kasta terbawah kompetisi sepak bola nasional.

Namun, performa Penajam Utama musim lalu cukup mumpuni di level regional. Mereka sempat menjadi juara Grup B babak penyisihan regional Kalimantan Timur dan menembus final.

Soal sarana, Stadion Aji Imbut jelas cukup layak untuk menggelar laga internasional. Kandang Mitra Kukar yang terletak di Tenggarong, ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara ini jadi andalan saat menjamu lawan di laga Liga 1 musim lalu.

Stadion berkapasitas 35 ribu penonton ini dibangun pada 2005 dalam rangka persiapan Kaltim sebagai tuan rumah PON 2008.

Bisa jadi ketika status kedua tim berubah jadi wakil ibukota, sponsor pun bakal lebih mudah diajak bekerja sama. Membuat potensi kedua tim untuk berlaga di kasta tertinggi pun makin besar. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA