Liga 2 Baru Dimulai, PSSI Putuskan Kompetisi Berhenti 2 Pekan

Minggu, 15 Maret 2020, 03:01 WIB
Laporan: Agus Dwi

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan saat membuka Liga 2 2020 di Stadion Batakan, Balikpapan/PSSI

Sebuah langkah penting dilakukan PSSI dalam menyikapi dan mewaspadai penyebarn virus corona di Indonesia. Otoritas tertinggi sepak bola Indonesia itu menetapkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dihentikan sementara selama dua pekan.

Bisa dibilang ini bukan sebuah putusan yang mudah. Terlebih, putusan ini diambil tepat di hari pertama dimulainya kompetisi Liga 2, Sabtu (14/3) di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Di sela-sela pertandingan antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra, sebuah rapat khusus diadakan Menpora Zainudin Amali beserta petinggi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru.

Hasil pertemuan tersebut, diputuskan pertandingan Liga 1 dan Liga 2 dihentikan untuk sementara mulai Senin (16/3). Putusan ini diambil terkait makin maraknya persebaran virus corona.

“Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran Virus Corona,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Sabtu (14/3).

Dengan demikian, laga Liga 2 antara Persewar Waropen menjamu Putra Sunan Giri Gresik yang sedianya berlangsung Senin (16 /3) di Stadion Cenderawasih Biak dipastikan ditunda. Demikian pula agenda pelatnas Tim Nasional di masa jeda kompetisi turut dibatalkan.

“PSSI akan mengganti biaya transportasi maupun akomodasi yang sudah dikeluarkan terkait pertandingan hari Senin di Biak,” imbuh pria yang karib disapa Iwan Bule ini.

Atas putusan yang diambil PSSI, Menpora Zainudin Amali mengapresiasi. Sebab, kewaspadaan terhadap persebaran virus corona memang menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat.

 “Itu artinya kita memperhatikan serius imbauan dari WHO maupun Kementerian Kesehatan. Ini juga sebagai bukti pemerintah berkoordinasi dengan cabang-cabang olahraga dalam penanganan terkait persebaran Virus Corona ini,” kata Menpora.

Untuk diketahui, rapat di Stadion Batakan tersebut dihadiri Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum PSSI yang juga Dirut LIB Cucu Sumantri, Direktur Operasional LIB Sujarno, Direktur Bisnis LIB Rudy Kangdra, Komisaris Utama LIB Sonhadji, Komisaris LIB yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani, serta anggota Komite Eksekutif PSSI Dirk Soplanit dan Yunus Nusi.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Update COVID-19 | Minggu 5 April, 2.273 Positif, dan 198 Meninggal Dunia

Minggu, 05 April 2020
Video

Data dari Kemenkes Terbatas, BNPB Belum Bisa Memberikan Laporan Lengkap Dan Terbuka Terkait Covid-19

Senin, 06 April 2020
Video

Ahmad Dhani: Jangan Ibukota Negara, Kantor Konglomerat Saja Yang Dipindahkan Dari Jakarta

Senin, 06 April 2020