Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lakukan Selebrasi Spesial, Bintang Bundesliga Ramai-ramai Tuntut Keadilan Bagi George Floyd

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 01 Juni 2020, 17:05 WIB
Lakukan Selebrasi Spesial, Bintang Bundesliga Ramai-ramai Tuntut Keadilan Bagi George Floyd
Pemain Borussia Dortmund, Achraf Hakimi, menunjukkan tulisan dukungan terhadap George Floyd/Net
rmol news logo Nasib tragis yang dialami warga negara Amerika Serikat, George Floyd, menjadi keprihatian warga dunia. Termasuk para pemain sepak bola profesional yang tengah berkompetisi di Bundesliga Jerman.

Seperti yang dilakukan 3 bintang Bundesliga saat melakoni pertandingan pada Minggu kemarin (31/5). Dua pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho dan Achraf Hakimi, serta pilar Borussia Moenchengladbach Marcus Thuram, menyuarakan tuntutan keadilan untuk George Floyd, melalui caranya masing-masing.

Dilaporkan Kantor Berita RMOLSumsel, ketiga pemain tersebut merayakan gol mereka dengan memberi isyarat dukungan sekaligus tuntutan keadilan bagi Floyd yang tewas mengenaskan pada Senin pekan silam (25/5) di Minneapolis, Amerika Serikat.

Sancho maupun Hakimi merayakan golnya saat melawan Paderborn dengan memperlihatkan tulisan “Keadilan untuk George Floyd” yang berada di kaus dalam mereka.

Sedangkan andalan Gladbach, Marcus Thuram, melakukan gestur berlutut yang belakangan populer di kalangan para atlet sebagai bentuk protes terhadap ketidakadilan, saat ia mengemas gol ke gawang Union Berlin.

Sikap Thuram didukung oleh pelatih Gladbach, Marco Rose.

“Marcus telah menjelaskan poinnya. Ia memberikan contoh perlawanan terhadap rasisme yang kami semua memberi dukungan terhadapnya,” kata Rose, seperti dikutip AFP.

Selain melalui selebrasi khusus, sikap protes serupa ditunjukkan gelandang Schalke 04 asal AS, Weston McKennie, saat timnya melawan Werder Bremen, Sabtu (30/5).

Pada laga tersebut, McKennie mengenakan ban lengan bertuliskan “Keadilan untuk George.”

Diketahui, Floyd merupakan warga Afrika-Amerika yang meninggal dunia setelah diinjak anggota polisi Minneapolis bernama Derek Chauvin pada pekan lalu.

Kematian Floyd memicu unjuk rasa warga di beberapa kota di AS. Bahkan unjuk rasa akhirnya berujung kerusuhan serta mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, korban luka-luka, toko-toko yang dijarah, dan perusakan fasilitas umum. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA