Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beri Lampu Hijau, PSSI Usulkan Liga 1 Dan Liga 2 Kembali Bergulir September Atau Oktober 2020

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 03 Juni 2020, 17:31 WIB
Beri Lampu Hijau, PSSI Usulkan Liga 1 Dan Liga 2 Kembali Bergulir September Atau Oktober 2020
Tangkapan layar rapat virtual PSSI dengan perwakilan tim peserta Liga 1 dan Liga 2 2020/PSSI
rmol news logo Sinyal akan kembali bergulirnya kompetisi sepak bola profesional tanah air, Liga 1 dan Liga 2, mulai digaungkan PSSI. Sejumlah usulan diajukan PSSI kepada seluruh tim peserta terkait kelanjutan dua kompetisi tersebut.

Hal ini terungkap saat PSSI menggelar rapat virtual bersama klub peserta Liga 1 dan Liga 2 bersama PT LIB, Selasa (2/6).

Rapat virtual yang berlangsung lebih dari 8 jam tersebut dihadiri para anggota Komite Eksekutif PSSI, Ketum Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Plt Sekjen Yunus Nusi, juga Direktur Teknik Indra Sjafri.

Sementara dari PT LIB diwakili Direktur Operasional Sudjarno, Direktur Bisnis Rudy Kangdra, dan Direktur Keuangan Anthony Kartawiria.

"PSSI memberikan opsi-opsi kepada klub Liga 1 dan 2 terkait kelanjutan kompetisi. Jadi keputusan tetap di rapat Komite Eksekutif. Seperti Liga 1 dimulai bulan September atau Oktober, setelah itu terkait nominal penambahan subsidi, dan pertandingan dimainkan di Pulau Jawa, konsep degradasi dan promosi," kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dikutip laman resmi PSSI.

Ditambahkan Yunus, opsi untuk melanjutkan kompetisi tak lepas dari kepentingan besar. Yakni bakal tampilnya Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Untuk Liga 2, PSSI menawarkan opsi home tournament, sistem formatnya dibagi empat grup dengan masing-masing grup enam tim. Dimulai sekitar bulan Oktober. Jadi opsi untuk status kompetisi Liga 1 dan 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Tadi dokter Syarif Alwi juga telah memberikan paparan kepada seluruh klub," tambahnya.

Selain itu, PSSI juga akan menyiapkan payung hukum terkait kontrak pemain dan pelatih. PSSI juga telah melakukan diskusi dengan APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) setelah rapat virtual kemarin.

Sebagai persiapan, PSSI pun terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Seperti Kemenpora, Kementerian Kesehatan, Kepolisan, dan Gugus Tugas Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA