Penuhi 16 Poin Prasyarat FIFA, Stadion GSJ Palembang Berpeluang Besar Jadi Host Piala Dunia U-20

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring berpeluang besar jadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan/Net

Peluang Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 semakin besar. Meski harus ada beberapa pembenahan sebelum diinspeksi langsung oleh FIFA pada Oktober atau November mendatang.

Hal ini tersirat dari hasil peninjauan Tim Teknik PSSI ke Stadion GSJ Palembang, Kamis kemarin (27/8).

Mereka ingin memastikan kesiapan GSJ, yang merupakan kandidat tuan rumah Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni 2021. Dalam tinjauan tersebut, PSSI berpatokan kepada 16 poin rekomendasi yang ditetapkan FIFA sebagai syarat sebuah stadion bisa jadi tuan rumah.

Di antaranya rumput stadion, tempat duduk penonton, tempat duduk pemain, ruang ganti, atap stadion, warna stadion, dan lapangan latihan.

Nah, seluruh 16 poin yang menjadi syarat mutlak FIFA tersebut sudah terpenuhi stadion berkapasitas 40 ribu penonton tersebut. Kendati masih harus dilakukan sejumlah perbaikan.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Sumsel, Ucok Hidayat mengatakan, sejumlah poin rekomendasi pembenahan akan segera dilakukan. Tahap renovasi akan dikerjakan oleh Dinas PUCK Sumsel.

“Desain sudah ada, tidak banyak yang diperbaiki. Kursi sudah bagus, ruang ganti bagus. Beberapa kerusakan sedang diperbaiki. Bench pemain dan pelatih akan diganti seperti yang ada di Eropa. Intinya, Jakabaring siap menjadi tuan rumah,” kata Ucok.

“Jakabaring sudah masuk dalam komitmen PSSI. Kami optimis perhelatan dilakukan di sini. Rencananya akan ada empat tim yang datang ke Palembang dengan enam kali pertandingan,” imbuhnya, dilansir Kantor Berita RMOLSumsel.

Sementara itu, Kepala Dinas PUCK Sumsel, Basyarudin, menyebut renovasi ditarget rampung akhir tahun ini. Pihaknya menggandeng konsultan profesional yang pernah menggarap rumput di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

“Sejauh ini pengerjaan rumput sudah 60 persen. Dari pengalaman yang sudah-sudah, dalam waktu semalam sudah beres karena dikebut,” terangnya.

Untuk lapangan latihan, telah disiapkan empat tempat. Yakni Stadion Bumi Sriwijaya dan tiga lainnya masih berada di dalam komplek Jakabaring Sport City (venue baseball, panahan, dan atletik).

“Tiga tempat latihan diambil alih kementerian untuk renovasi dan ditarget Februari 2021. Sedangkan Pemprov Sumsel merenovasi satu tempat latihan, rampungnya akhir tahun ini,” paparnya.

Terpisah, Ketua Tim Teknik PSSI, Dessy Arfianto mengatakan, tim yang terdiri dari tujuh orang ini mengecek secara langsung kondisi terkini dari stadion utama dan stadion latihan yang diajukan Sumatera Selatan selama dua hari, 27-28 Agustus 2020.

“Kedatangan kami ini lebih kepada peninjauan kesiapan infrastruktur dari stadion-stadion yang diajukan. Kami melihat langsung, mencatat, mendengar dan mendata, itu saja. Untuk nanti dilaporkan sebagai update/i> ke FIFA. Tidak ada kesimpulannya di sini, semua FIFA yang memutuskan,” kata Dessy.

Ia mengatakan, hasil dari peninjauan ini akan menjadi dasar untuk pelaporan ke FIFA mengingat organisasi sepak bola internasional tersebut selalu menanyakan kondisi terkini dari kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

“Pada prinsipnya kami ingin daerah (Sumatera Selatan) melaporkan saja apa yang sebenarnya. Ini akan lebih mudah bagi kami, agar bisa mengambil langkah-langkah lanjutan, mengingat tim dari FIFA sendiri akan datang pada Oktober atau November 2020. Mereka juga nantinya akan melihat langsung,” kata dia.

Ia mengungkapkan, seharusnya tim verifikasi dari FIFA ini dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada September.

“Namun, karena ada Covid-19 membuat terjadi penundaan, mengingat di sejumlah negara masih menghadapi krisis pandemik ini,” pungkasnya.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

#KamiMasihAda Pemkot Fasilitasi Launching Album 30 Musisi Semarang

Kamis, 24 September 2020
Video

Tanya Jawab Cak Ulung - Ancaman dan Peluang Pilkada

Kamis, 24 September 2020

Artikel Lainnya

Liga 1 Tinggal Hitungan Hari, PSIS Genjot Taktikal Lini Depan
Sepak Bola

Liga 1 Tinggal Hitungan Hari..

22 September 2020 15:43
Mampu Jaga Kondisi Selama Pandemi, Pemain Asing Madura United Dipuji RD
Sepak Bola

Mampu Jaga Kondisi Selama Pa..

21 September 2020 18:49
Diminta Siapkan 2 Lapangan Latihan, Pemkot Surabaya Bangun 3 Lapangan
Sepak Bola

Diminta Siapkan 2 Lapangan L..

21 September 2020 17:02
Pemkot Surabaya Pastikan Tiga Stadion Latihan Sudah Disiapkan Untuk Piala Dunia U-20
Sepak Bola

Pemkot Surabaya Pastikan Tig..

21 September 2020 16:47
Bale Is Back!
Sepak Bola

Bale Is Back!

20 September 2020 04:57
Carlos Oliveira Ungkap Alasan Terima Pinangan Arema FC
Sepak Bola

Carlos Oliveira Ungkap Alasa..

17 September 2020 17:38
Ayo Bantu Gol Widodo C Putro Jadi Yang Terbaik Di Piala Asia
Sepak Bola

Ayo Bantu Gol Widodo C Putro..

16 September 2020 08:15
Beri Edukasi Protokol Kesehatan, PT LIB Akan Gelar Medical Workshop Di Yogyakarta
Sepak Bola

Beri Edukasi Protokol Keseha..

11 September 2020 17:54