Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Termasuk Akses Bagi Penyandang Disabilitas, Calon Markas Persija Akan Miliki Fasilitas Kelas Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 07 Oktober 2020, 13:11 WIB
Termasuk Akses Bagi Penyandang Disabilitas, Calon Markas Persija Akan Miliki Fasilitas Kelas Dunia
Gambar desain Jakarta International Stadium/Repro
rmol news logo Pembangunan Stadion BMW atau Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang disebut-sebut akan menjadi markas dari tim sepak bola Persija Jakarta didesain untuk miliki fasilitas kelas dunia.

Nantinya, calon stadion kebanggaan warga Jakarta ini menggabungkan konsep multiguna. JIS juga dapat difungsikan sebagai tempat pertandingan, menjual merchandise maupun retail, serta dapat difungsikan sebagai tempat pertemuan.

Oleh sebab itu, JIS bakal dilengkapi dengan area corporate box yang berada di lantai 5 dan 6, di sisi timur dan barat stadion.

Tak hanya itu, JIS juga bakal menjadi venue olahraga yang ramah terhadap penyandang disabilitas. Itu sebabnya, JIS memberikan akses di tribun khusus untuk penyandang disabilitas, tanpa mengurangi atmosfer dan kenyamanan ketika menonton pertandingan sepak bola maupun event lainnya.

"Jakarta International Stadium bertujuan terutama untuk pertandingan sepak bola, tetapi juga cocok untuk pertemuan besar, panggung pertunjukan maupun pameran," ujar Construction Officer JIS PT Jakpro Perseroda, Fadhillah Akmal Yusron, Rabu (7/10).

"Di bagian atas stadion, telah dirancang juga untuk melayani skywalk deck baik untuk berjalan di sekitar perimeter atas maupun untuk berjalan di atas catwalk untuk sampai ke bagian tengah atas atap tepat di atasnya," sambungnya.

Selain itu, JIS juga bakal dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menunjang kawasan olahraga terpadu.

Mulai dari stadion utama, concourse, ramp barat dan ramp timur, 2 lapangan latihan, publik plaza, serta parkir outdoor yang dapat menampung 457 mobil dan 76 bus.

JIS juga akan dilengkapi halaman parkir di dalam stadion yang berada di lantai pertama dengan daya tampung 733, dengan 22 di antaranya dikhususkan bagi penyandang disabilitas.

Dari sisi tribun penonton, lanjut Akmal, JIS didesain memiliki tiga cincin/tier.

Tier pertama berada dari lantai 2 sampai lantai 3. Tier 2 berada di lantai 4-5. Dan tier 3 berada di lantai 6-9.

Tier 1 memiliki 22.217 kursi reguler, tier 2 memiliki kursi reguler 15.000, dan tier 3 memiliki 38.994 kursi.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA