Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Klarifikasi Kritikan Dari FIFPro, AFC: Kesejahteraan Pemain Prioritas Utama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 Oktober 2020, 14:58 WIB
Klarifikasi Kritikan Dari FIFPro, AFC: Kesejahteraan Pemain Prioritas Utama
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kesejahteraan pemain adalah hal yang utama.  Konfederasi sepak bola Asia (AFC) mengatakan, sejauh ini mereka telah berusaha memberikan dukungan untuk para pemain termasuk melindungi mereka dari virus corona.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pernyataan itu datang setelah muncul kecaman dari serikat pemain global yang menuding bahwa mereka lambat memberikan dukungan yang cukup selama pandemi.

Sekretaris Jenderal FIFPro Jonas Baer-Hoffmann pada pekan lalu mengatakan keterlibatan AFC sangat kurang, menambahkan bahwa masalah kesejahteraan pemain dapat mengancam kemajuan Asia dalam olahraga.

"Konfederasi sepak bola Asia menempatkan kesejahteraan para pemain dan semua pemangku kepentingan kami, sebagai prioritas utama kami selama pandemi," ujar AFC dalam keterangannya, seperti dikutip dari AFP, Rabu (14/10).

"AFC memberikan dukungan untuk klub dan liga melalui asosiasi anggota dan asosiasi regional," tambah pernyataan itu.

"Kompetisi kami adalah yang pertama ditunda di dunia dan itu untuk melindungi kesehatan semua orang yang terlibat dalam pertandingan itu."

Baer-Hoffmann juga menyoroti masalah yang dihadapi para pemain di Indonesia dengan menyinggung gaji para pemain yang dipangkas hingga tiga perempat tanpa penjelasan. Keputusan sepihak itu menyebabkan para pemain jatuh dalam 'kesulitan yang cukup berat'.

"Kami ingin melihat konfederasi (AFC) terlibat dalam beberapa situasi negatif yang sangat drastis di tingkat domestik," kata Baer-Hoffmann kepada AFP.

Baer-Hoffmann menambahkan perlu adanya standar tertentu ketika mengambil keputusan maupun ketika mengeluarkan kebijakan untuk para pemain.

Seperti banyak badan olahraga lainnya, AFC mengalami kesulitan yang parah dalam menjalankan kompetisi tahun ini. Liga Champions yang ditangguhkan--Liga Champions AFC dilanjutkan dalam 'gelembung' bio-secure di Qatar-- piala AFC tingkat kedua pun telah dibatalkan, dilanjut dengan kualifikasi Piala Dunia yang ditunda.

Badan yang bermarkas di Kuala Lumpur itu mengatakan pihaknya juga mengambil bagian dalam diskusi FIFA yang mengarah pada persetujuan hingga  1,5 miliar dolar AS dalam bentuk hibah dan pinjaman untuk asosiasi sepak bola nasional di seluruh dunia.

FIFPro, yang berkantor pusat di Belanda, saat ini mewakili puluhan ribu pesepakbola di seluruh dunia melalui 65 asosiasi pemain nasional, termasuk delapan di Asia-Pasifik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA