Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dihukum 3 Laga Akibat Ucapan Bernada Rasis, Cavani Mengaku Hatinya Penuh Damai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 01 Januari 2021, 11:51 WIB
Dihukum 3 Laga Akibat Ucapan Bernada Rasis, Cavani Mengaku Hatinya Penuh Damai
Striker Manchester United bakal absen di 3 pertandingan akibat dihukum FA/Net
rmol news logo Tahun 2020 berakhir kurang menyenangkan bagi striker Manchester United, Edinson Cavani. Gegara ucapannya yang dinilai bernada rasis di Instagram, Cavani harus menjalani hukuman larangan bermain di 3 pertandingan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hukuman ini bermula saat striker 33 tahun itu mengunggah sebuah foto ditambahi komentar 'gracias, negrito' usai MU menang dramatis 3-2 atas Southampton pada 29 November lalu. Kala itu Cavani mencetak dua gol.

Maksud ucapan pemain berpaspor Uruguay adalah untuk mengucapkan terima kasih atas pujian dan dukungan yang diberikan kepadanya melalui media sosial.

Di Uruguay, sapaan 'Negrito' adalah hal yang lumrah dan tak dinilai bernada rasis. Namun, Cavani lupa dia mengucapkan kata-kata itu ketika berada di Inggris yang punya aturan dan kultur berbeda.

Akibatnya, seperti dilaporkan Sky Sports, Kamis malam (31/12), asosiasi sepak bola Inggris (FA) pun menjatuhkan hukuman larangan tampil dalam 3 laga dan denda 100 ribu poundsterling (sekitar Rp 1,9 miliar).

"Komentar yang diunggah di Instagram Edinson Cavani bersifat menghina, kasar, tak pantas, dan bertentangan dengan aturan FA pasal E3.1," tulis pernyataan FA.

"Postingan itu juga sebuah 'pelanggaran keras', yang didefinisikan dalam aturan FA pasal E3.2, karena mereferensi, baik tersurat atau tersirat, warna kulit dan atau ras dan atau asal suku," tambah pernyataan itu.

Cavani yang menyadari kekhilafaanya langsung meminta maaf. Unggahannya di Instagram pun telah dihapusnya. Lebih jauh, Cavani tak akan mengajukan banding atas hukuman tersebut.

"Saya ingin berbagi dengan Anda bahwa saya menerima sanksi disiplin karena mengetahui bahwa saya asing dengan kebiasaan bahasa Inggris," cuit Cavani di akun Twitter pribadinya, Jumat (1/1).

"Saya minta maaf jika saya pernah menyinggung, tetapi itu tidak lebih dari ekspresi kasih sayang saya terhadap seorang teman," sambung Cavani.

Cavani pun menegaskan bahwa orang-orang yang mengenalnya tahu persis kalau dirinya selalu mencari persahabatan dan kegembiraan.

"Hati saya dalam damai, karena saya tahu bahwa saya selalu mengekspresikan diri dengan kasih sayang sesuai dengan budaya dan cara hidup saya," tandasnya.

Toh permintaan maaf Cavani tak membuatnya lepas dari hukuman. Eks striker Paris Saint-Germain itu pun dipastikan absen di tiga laga Setan Merah. Yaitu melawan Aston Villa pada 2 Januari 2021 (Premier League), vs Manchester City pada 7 Januari (Piala Liga Inggris), dan vs Watford pada 10 Januari (Piala FA).

Artinya, Cavani baru bisa kembali merumput saat MU bertemu Burnley pada 13 Januari di ajang Premier League. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA