Farah.ID
Farah.ID

Berharap Liga Kembali Bergulir, Shin Tae-Yong: Kalau Tak Ada Kompetisi, Bagaimana Saya Memantau Pelaksanaan Program?

LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 15 Januari 2021, 16:35 WIB
Berharap Liga Kembali Bergulir, Shin Tae-Yong: Kalau Tak Ada Kompetisi, Bagaimana Saya Memantau Pelaksanaan Program?
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong/PSSI
Tak para pemain, klub, hingga suporter yang sangat berharap kompetisi sepak bola di tanah air kembali digulirkan. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong juga punya harapan serupa.

Sebab, tanpa ada kompetisi, dirinya akan sulit memantau para pemain yang dinilai pantas dan layak membela tim Merah Putih. Dia berharap kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa kembali dijalankan pada awal tahun ini.

"Tentu saya sebagai pelatih Timnas Indonesia ingin Liga 1 dan 2 segera bergulir. Hal ini sangat penting karena saya bisa memantau para pemain dan melihat perkembangan mereka," ucap Shin Tae-yong, dikutip Redaksi dari laman resmi PSSI, Jumat (15/1).

Diterangkan eks pelatih Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu, hanya melalui kompetisi para pemain akan ditempa dengan baik. Melalui kompetisi para pemain akan merasakan atmosfer pertandingan yang sesungguhnya.

"Ini beda kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub," imbuh Shin Tae-yong.

Karena itulah, Shin Tae-yong meminta masyarakat maupun pihak terkait mendukung PSSI untuk menggulirkan kembali kompetisi Liga 1 dan 2 dalam waktu dekat ini.

"Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan? Kompetisi merupakan jantung pembinaan, saya bisa saja mengambil pemain baru untuk skuat Timnas U-19, U-23 maupun senior nantinya," tandas pelatih 51 tahun tersebut.

PSSI sendiri berencana mengadakan rapat Komite Ekskutif terkait nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pada pertengahan bulan ini. Opsi yang muncul adalah melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 dengan disertai penerapan protokol kesehatan. Atau menggelar kompetisi musim 2021.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA