Farah.ID
Farah.ID

EURO 2020

Tempati Ranking 1 FIFA Dan Berada Di Fase Keemasan, Alasan Bupati Muba Jagokan Belgia Juarai Euro 2020

LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 11 Juni 2021, 10:42 WIB
Tempati Ranking 1 FIFA Dan Berada Di Fase Keemasan, Alasan Bupati Muba Jagokan Belgia Juarai Euro 2020
Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin/Net
Sebagai sosok yang pernah akrab dengan dunia sepak bola, Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex Noerdin, tetap ikut memantau perhelatan akbar Euro 2020 di sela-sela kesibukannya sebagai kepala daerah.

Bahkan orang nomor satu di Kabupaten Muba itu ternyata sudah punya jagoan. Dodi menjagokan Timnas Belgia yang akan menjadi kampiun di Euro 2020. Tentu pria yang disapa DRA ini punya alasan tersendiri sampai menjatuhkan pilihannya kepada Kevin de Bruyne dan kawan-kawan.

Selain predikat tim dengan ranking FIFA tertinggi, Belgia dinilai DRA tengah berada pada fase keemasan sepanjang sejarah. Hal ini juga tak lepas dari pengalaman putra sulung mantan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, yang cukup lama menimba ilmu di Belgia semasa kuliah pada dekade 1990-an.

"Dulu saya cukup lama di Belgia dan saya mengikuti perkembangan Timnas Belgia. Dari era Marc Wilmots yang sekarang sudah jadi pelatih sampai saat ini Belgia menjadi tim bertabur bintang, mulai dari kiper sampai pemain depan. Bahkan tim ini sekarang berada di ranking 1 FIFA," ujar DRA saat dihubungi Kantor Berita RMOLSumsel, Jumat (11/6).

Berdasarkan kondisi tersebut, alumnus Université catholique de Louvain (S1) dan Université libre de Bruxelles (S2), Belgia, ini memprediksi De Rode Duivels akan menjadi juara Euro 2020 dibawah besutan pelatih Roberto Martinez.

"Belgia punya peluang besar untuk juara tahun ini karena komposisi tim memang sudah tidak diragukan lagi. Ada Thibaut Curtois, Eden Hazard, Nacer Chadli, Axel Witsel, Romelu Lukaku, dan Kevin de Bruyne. Mayoritas pemainnya menghuni tim-tim papan atas dari liga-liga di Eropa. Ada yang Premier League, Serie A, Liegue 1, La Liga, dan Bundesliga. Apalagi tim ini sekarang ranking 1 FIFA," papar mantan Presiden Sriwijaya FC itu.

Pada Euro 2020, Timnas Belgia menghuni Grup B bersama Denmark, Rusia, dan Finlandia. Kick off Euro 2020 dilakukan pada Sabtu dinihari (12/6) dengan mempertemukan Italia melawan Turki. Ajang yang tertunda selama setahun lantaran pandemi Covid-19 ini akan digelar di 11 negara di Eropa dan diiikuti 24 tim.

"Kalau melihat persaingan tentu sangat kompetitif, tapi prediksi saya Belgia bisa mudah melewati fase grup meskipun ada tim kuat sekelas Denmark, Rusia, dan Finlandia," pungkasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA