Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

EURO 2020

Bawa Portugal Taklukkan Hungaria, Ronaldo Lewati Rekor Legenda Prancis

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 16 Juni 2021, 07:04 WIB
Bawa Portugal Taklukkan Hungaria, Ronaldo Lewati Rekor Legenda Prancis
Cristiano Ronaldo kian mendekati rekor gol Ali Daei/Net
Sejarah bertinta emas ditorehkan Cristiano Ronaldo dalam perhelatan akbar Euro 2020. Penyerang Timnas Portugal ini telah menahbiskan diri sebagai pemain tersubur sepanjang sejarah Piala Eropa.

Dua gol yang disarangkannya ke gawang Hungaria pada laga yang berakhir Rabu dinihari tadi (16/5) tak hanya memberikan kemenangan bagi sang juara bertahan. Itu merupakan gol ke-10 dan ke-11 yang dicatat Ronaldo di setiap putaran final Piala Eropa.

Portugal sendiri menang 3-0 saat menghadapi Hungaria. Satu gol Seleccao lainnya dicetak Guerreiro.

Dengan tambahan 2 gol tersebut, Ronaldo pun resmi menggeser posisi legenda Prancis, Michel Platini, yang sebelumnya menorehkan 9 gol selama mengikuti putaran final Euro.

Jika dihitung gol yang dicetaknya di babak kualifikasi, pemain yang kini membela Juventus itu total telah mencetak 42 gol.

Tak hanya itu, Ronaldo juga punya 2 catatan yang tak kalah apik.

UEFA mencatat pemain 36 tahun ini menjadi pemain pertama yang tampil dalam 5 putaran final Piala Eropa. Catatan apik kedua, Ronaldo juga menjadi pemain pertama yang mampu konsisten mencetak gol dalam 5 putaran final Piala Eropa.

"Hal yang terpenting adalah meraih kemenangan," kata Ronaldo, dikutip laman resmi UEFA, Rabu (16/6)."Ini sebuah laga yang sulit, melawan tim yang punya pertahanan bagus. Tapi kami bisa mencetak tiga gol dan saya sangat berterima kasih kepada tim karena membantu saya mencetak dua gol dan menjadi Star of the Match."

Ronaldo sendiri kini telah mengoleksi 106 gol bersama Timnas Portugal. Hanya terpaut 3 gol lagi dari eks striker Timnas Iran, Ali Daei, yang hingga saat ini masih jadi pemegang rekor pencetak gol tersubur dunia bersama timnas.

Daftar Top Skor Sepanjang Masa Piala Eropa:

11 Cristiano Ronaldo (Portugal)
9 Michel Platini (Prancis)
7 Alan Shearer (Inggris)
6 Antoine Griezmann (Prancis)
6 Ruud van Nistelrooy (Belanda)
6 Patrick Kluivert (Belanda)
6 Wayne Rooney (Inggris)
6 Thierry Henry (Prancis)
6 Zlatan Ibrahimović (Swedia)
6 Nuno Gomes (Portugal).
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA