Farah.ID
Farah.ID

EURO 2020

Gagal Eksekusi Penalti, Gareth Bale Tetap Jadi Pahlawan Bagi Wales

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 17 Juni 2021, 08:28 WIB
Gagal Eksekusi Penalti, Gareth Bale Tetap Jadi Pahlawan Bagi Wales
Gareth Bale jadi kreator dari 2 gol yang dicetak Wales ke gawang Turki/Net
Euforia tengah melanda Timnas Wales. Sebagai tim yang bisa dibilang anak bawang di turnamen akbar sekelas Euro 2020, Wales justru mampu melakoni 2 laga di fase grup dengan cukup baik.

Tim berjuluk The Dragons ini berpeluang besar lolos ke babak 16 besar, mengikuti jejak Italia sebagai wakil dari Grup A, usai menang 2-0 atas Turki di Stadion Olympic Baku, Azerbaijan, yang berakhir Kamis dinihari (17/6).

Kapten tim Wales, Gareth Bale, punya peran penting dalam kemenangan timnya meski tidak mencetak gol. Sebab, dua gol Wales berawal dari pergerakan dan umpan briliannya. Sehingga Aaron Ramsey dan Connor Roberts bisa mencetak gol bagi Wales.

Di sisi lain, usai memberi umpan apik kepada Ramsey pada menit 42, Bale justru sempat mengalami tekanan usai gagal mencetak gol dari titik penalti. Tendangan Bale saat mengeksekusi penalti pada menit 61 melesat melewati mistar gawang.

Toh mental dan pengalaman Bale memang sudah cukup teruji. Dia bisa segera bangkit untuk memberikan umpan brilian berikutnya kepada Roberts pada masa injury time babak kedua.

Sekaligus memastikan Wales meraih tambahan 3 poin dari laga melawan Turki ini.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini, kami bertarung dengan keras. Ya, saya gagal menendang penalti tapi saya merasa saya menunjukkan karakter kuat untuk terus berjuang. Penting bagi kami bisa mendapatkan kemenangan hari ini," ucap Bale, dikutip laman resmi UEFA, Kamis (17/6).

Di sisi lain, peluang Turki untuk lolos ke 16 besar pun makin menipis karena sudah 2 kali kalah. Kini Turki akan berjuang untuk bisa meraih 3 poin saat melakoni laga penutup fase grup melawan Swiss pada Minggu (20/6).

"Saya ingin meminta maaf. Kami sangat ingin meraih kemenangan, tapi itu tidak cukup. Kami masih punya satu laga lagi dan kami akan melakukan yang terbaik untuk menang melawan Swiss," harap bek Turki, Umut Meras.

Turki 0-2 Wales

(Ramsey 42', C. Roberts 90'+5)

Turki: Uğurcan Çakır; Zeki Çelik, Kaan Ayhan, Çağlar Söyüncü, Umut Meraş (Mert Müldür 72); Kenan Karaman (Halil Dervişoğlu 75), Hakan Çalhanoğlu, Okay Yokuşlu (Merih Demiral 46), Ozan Tufan (Yusuf Yazıcı 46), Cengiz Ünder (İrfan Can Kahveci 83); Burak Yılmaz
Pelatih: Senol Gunes

Wales: Ward; Roberts, Mepham, Rodon, B Davies; Morrell, Allen (Ampadu 73) Bale, Ramsey (Wilson 85), James (N Williams 90+4); Moore.
Pelatih: Rob Page.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA