Farah.ID
Farah.ID

EURO 2020

Preview Inggris Vs Skotlandia: Meredam Ambisi Tartan Army

LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 18 Juni 2021, 17:24 WIB
Preview Inggris Vs Skotlandia: Meredam Ambisi Tartan Army
Inggris harus mewaspadai semangat khas Skotlandia saat kedua tim bertemu di Stadion Wembley, Sabtu dinihari nanti/Net
Inilah laga klasik di Euro 2020. Dua tim Britania Raya, Inggris dan Skotlandia, harus bertarung demi menjaga peluang tampil di babak 16 besar.

Kemenangan Inggris atas Kroasia pada matchday 1 memang menjadi tambahan modal bagi skuat The Three Lions untuk menghadapi tetangga dekat mereka. Tapi, tetap saja Skotlandia menyimpan potensi kejutan bagi Inggris.
Karena laga yang akan digelar di Stadion Wembley pada Sabtu dinihari nanti (19/6) bukanlah sebuah laga biasa. Ini adalah salah satu laga internasional tertua yang pernah ada.

"Laga ini terasa sangat spesial bagi setiap orang yang berada di dalamnya, khususnya para suporter dari kedua tim. Jadi, ini menambah sisi dinamis dari grup ini," kata pelatih Inggris, Gareth Southgate, dikutip laman resmi UEFA, Jumat (18/6).

Southgate bersama pasukan Inggris patut waspada terhadap Skotlandia yang pasti akan berupaya meraih poin di laga ini. Pasalnya, Scott McTominay cs harus kalah dari Republik Cheska di matchday 1.

Artinya, untuk menjaga peluang mereka ke babak 16 besar, Skotlandia butuh mendapatkan minimal 1 poin dari laga melawan Inggris. Untuk kemudian bekerja keras meraih tambahan 3 poin di laga penutup fase grup melawan Kroasia pada Selasa (22/6) mendatang.

"Jelas, kami harus mendapatkan sesuatu dari pertandingan nanti, dan itu menjadi fokus utama kami. Dapatkah kami meraih empat poin? Tentu saja, kenapa tidak?" tegas pelatih Steve Clarke kepada The Times.

Namun demikian, Clarke juga harus cermat menyiapkan skuatnya untuk laga nanti. Sebab kondisi bek andalan Kieran Tierney masih belum 100 persen fit. Artinya harus ada perubahan komposisi yang tepat di lini belakang andai bek Arsenal itu memang tak bisa dimainkan sejak menit pertama.

Begitu pula dengan lini depan yang harus mampu lebih efektif memanfaatkan peluang. Agar, kegagalan Tartan Army daalam menyelesaikan sejumlah peluang saat menghadapi Rep Cheska tidak terulang.

Prediksi Starting XI:


Inggris (4-3-3): Pickford; Walker, Stones, Mings, Shaw; Phillips, Rice, Mount; Sterling, Kane, Rashford
Pelatih: Gareth Southgate

Skotlandia (3-5-1-1): Marshall; Hendry, Hanley, Tierney; Forrest, McTominay, McGinn, McGregor, Robertson; Armstrong; Adams
Pelatih: Steve Clarke

Prediksi RMOL:
Inggris menang: 55%
Imbang: 5%
Skotlandia menang: 40%
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA