Farah.ID
Farah.ID

Gulung Portugal 4-2 Di Allianz Arena, Peluang Jerman Ke 16 Besar Masih Terbuka

LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 20 Juni 2021, 00:54 WIB
Gulung Portugal 4-2 Di Allianz Arena, Peluang Jerman Ke 16 Besar Masih Terbuka
Momen saat sundulan Gosens membuat gawang Portugal bobol untuk keempat kalinya oleh Jerman/Net
Timnas Jerman menjaga harapan mereka untuk terus melaju jauh di gelaran Euro 2020. Kemenangan besar atas Portugal yang berakhir Minggu dinihari (20/6) jadi salah satu penyebabnya.

Dalam laga di Stadion Allianz Arena, Munchen, Jerman sempat unggul saat laga baru berjalan 5 menit. Namun, gol ini dianulir karena Gnabry sudah terjebak offside lebih dulu.

Justru Portugal yang mampu balik unggul pada menit 15. Melalui sebuah serangan balik, umpan terukur Diogo Jota diselesaikan dengan baik oleh Cristiano Ronaldo ke gawang yang kosong.

Namun, mentalitas khas Jerman muncul dengan jelas dan tegas dalam laga ini. Perlahan tapi pasti tekanan yang mereka lakukan pun membuahkan hasil.

Diawali dengan serangan dari sisi kiri, umpan Gosens disambut cepat oleh Kai Havertz pada menit 35. Bola sempat mengenai kaki Ruben Dias sebelum memasuki gawang Portugal.

Jerman berbalik unggul 4 menit berselang. Seperti gol sebelumnya, pemain Portugal kembali melakukan gol bunuh diri. Kali ini giliran Guerreiro yang sapuannya justru memasuki gawang sendiri.

Portugal semakin tertinggal saat babak kedua baru berjalan 6 menit. Sebuah serangan cepat dari sisi kiri melalui pergerakan Gosens disambut dengan sontekan akurat Kai Havertz.

Gosens sendiri ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 60. Berawal dari bola yang dikirim Havertz kepada Kimmich yang dilanjutkan dengan sebuah umpan silang melengkung. Dan, Gosens berada di tempat dan waktu yang tepat untuk menyundul bola ke gawang Rui Patricio.

Inilah untuk kali pertama Portugal kebobolan 4 gol dalam satu laga sejak terakhir kali dialami mereka pada fase grup Piala Dunia 2014, yang juga melawan Jerman.

Tertinggal jauh tak membuat Portugal menyerah lebih cepat. Berawal dari sebuah set pieces, lompatan Ronaldo masih sempat mengirim umpan ke depan gawang Jerman yang disambut dengan sepakan Jota.

Toh hingga peluit panjang ditiup wasit, tak ada tambahan gol yang tercipta. Jerman pun meraih kemenangan pertama mereka di Euro 2020.

Hasil apik ini sekaligus menjaga peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar. Terlebih, di laga sebelumnya, Prancis hanya bisa bermain imbang melawan Hungaria. Persaingan di Grup F makin panas.

Portugal 2-4 Jerman
(Ronaldo 15', Diogo Jota 67' - RĂºben Dias 35' og, Guerreiro 39' og, Havertz 51', Gosens 60')

Portugal: Rui Patricio, Semedo, Ruben Dias, Pepe, Guerreiro, W Carvalho, Danilo, Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Diogo Jota, C Ronaldo
Pelatih: Fernando Santos

Jerman: Neuer, Ginter, Hummels, Rudiger, Kimmich, Gundogan, Kroos, Gosens, Havertz, Muller, Gnabry
Pelatih: Joachim Low.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA