Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

EURO 2020

Menang Lawan Turki, Swiss Masih Harap-harap Cemas

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 21 Juni 2021, 07:58 WIB
Menang Lawan Turki, Swiss Masih Harap-harap Cemas
Xherdan Shaqiri jadi pahlawan kemenangan Swiss saat melawan Turki di matchday 3 Euro 2020/Net
Tak selamanya kemenangan langsung berbuah kebahagiaan dan euforia. Sebab, kemenangan Swiss atas Turki di Stadion Olympic, Baku, yang berakhir Senin dinihari tadi (21/6) justru menyisakan kecemasan.

Ya, Swiss memang menang 3-1 atas Turki. Namun, hasil ini belum cukup menciptakan rasa senang di hati para pemainnya.

Swiss kini justru tengah harap-harap cemas untuk bisa menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik yang berhak tampil di babak 16 besar Euro 2020.

Swiss menunjukkan ambisi besar merka dengan mencetak gol dalam serangan pertama mereka ke pertahanan Turki pada menit ke-6. Sang pencetak gol adalah striker andalan Haris Seferovic.

Namun, bukan Seferovic yang jadi pemain terbaik dalam laga tersebut. Dia adalah gelandang serang yang kini membela Liverpool, Xherdan Shaqiri. Gol pertama Shaqiri ke gawang Turki pada menit 26 dicetak dalam jarak yang cukup jauh.

Turki sempat bangkit melalui gol İrfan Can Kahveci pada menit 62. Namun, gol ini langsung terasa sia-sia saat Shaqiri mencetak gol keduanya dalam laga ini sekitar 6 menit kemudian. Sekaligus membuat Steven Zuber resmi mencatatkan hattrick assist bagi Swiss.

"Saya sangat senang," ucap pelatih Swiss, Vladimir Petković, dikutip laman resmi UEFA, Senin (21/6).

"Kami bermain sebagai sebuah tim. Tim yang bekerja seperti yang mereka butuhkan. Saya merasa kami menunjukkan performa apik sepanjang 90 menit. Target kami adalah lolos ke 16 besar. Kini kami hanya bisa menunggu," imbuhnya.

Sejauh ini, Swiss memang masih berada di urutan pertama di antara 6 tim calon peringkat ketiga terbaik. Namun, Swiss berpotensi tergeser jika 4 dari tim-tim tersebut meraih kemenangan di laga terakhir fase grup.

Swiss 3-1 Turki
(Seferović 6', Shaqiri 26', 68' - İrfan Can Kahveci 62')

Swiss: Sommer; Elvedi, Akanji, Rodríguez; Widmer (Mbabu 90+2), Freuler, Xhaka, Zuber (Benito 85); Shaqiri (Vargas 75); Embolo (Embolo 85), Seferović (Gavranović 75)
Pelatih: Vladimir Petković

Turki: Uğurcan Çakır; Zeki Çelik, Merih Demiral, Çağlar Söyüncü, Mert Müldür; Cengiz Ünder (Kenan Karaman 80), Ozan Tufan (Yusuf Yazıcı 64), Kaan Ayhan (Okay Yokuşlu 64), İrfan Can Kahveci (Orkun Kökçü 80), Hakan Çalhanoğlu (Dorukhan Toköz 86); Burak Yılmaz
Pelatih: Senol Gunes.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA