Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

EURO 2020

Curhatan Pemain Turki Usai Tersingkir Dari Euro 2020

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 21 Juni 2021, 09:19 WIB
Curhatan Pemain Turki Usai Tersingkir Dari Euro 2020
Gelandang Turki, Hakan Çalhanoğlu, kecewa tak bisa bertahan lebih lama di Euro 2020/Net
Tiga kali bermain, 3 kali kalah. Hanya bisa mencetak 1 gol dan kebobolan 8 kali. Itulah hasil yang diraih Turki sepanjang fase grup Euro 2020.

Turki pun berada di peringkat 4 Grup A tanpa mampu meraih poin. Hasil ini memastikan Turki jadi tim pertama yang harus pulang dari gelaran Euro 2020.

Perolehan tahun ini jelas lebih buruk dibanding kegagalan mereka di Euro 2016. Saat itu, Turki masih bisa meraih 1 kemenangan di fase grup. Sedangkan 2 laga lainnya juga berakhir dengan kekalahan. Meski akhirnya tetap tak bisa lolos ke 16 besar.

Sudah tentu para penggawa Timnas Turki merasa kecewa. Padahal mereka membawa ambisi besar sebelum mengikuti turnamen ini.

Menurut gelandang Hakan Çalhanoğlu, para pemain Turki telah bekerja keras untuk menuju Euro 2020. Sehingga para pemain pun kecewa, karena apa yang mereka inginkan tak bisa tercapai.

"Turnamen ini menjadi sebuah kekecewaan bagi kami. Kami harus belajar dari kesalah kami, tapi kami tak boleh menundukkan kepala. Ini sebuah tim yang sangat muda, dan kami akan bisa lebih baik lagi," ucap Çalhanoğlu dikutip euro2020.com, Senin (21/6).

Senada dengan Çalhanoğlu, striker Burak Yilmaz kecewa laga melawan Swiss berakhir buruk bagi Turki di Euro 2020. Namun dia bertekad untuk tetap melangkah ke depan dengan penuh keyakinan.  

"Saya harus mengakui, kami belum bisa tampil di sebuah turnamen besar. Kami telah lolos di sejumlah Euro, kami juga tampil bagus di Kualifikasi Piala Dunia, tapi saya merasa kami butuh belajar bagaimana bermain di turnamen seperti ini. Itu pelajaran yang harus kami lakukan," kata Yilmaz.

Sepanjang mengikuti putaran final Piala Eropa, hasil terbaik yang pernah diraih Turki adalah jadi semifinalis pada Euro 2008. Namun, dalam 2 edisi terakhir Euro, termasuk Euro 2020, Turki selalu hanya bisa bertahan hingga fase grup saja.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA