Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

EURO 2020

Drama Gol Menit Akhir, Bawa Ukraina Cetak Sejarah

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 30 Juni 2021, 06:54 WIB
Drama Gol Menit Akhir, Bawa Ukraina Cetak Sejarah
Untuk kali pertama dalam sejarah, Ukraina tembus ke babak perempat final Piala Eropa/Net
Selalu ada yang pertama untuk semua hal. Ujar-ujaran yang rasanya tepat diberikan kepada Ukraina di gelaran Euro 2020.

Ya, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Ukraina mampu lolos ke perempat final Piala Eropa. Hal ini mereka pastikan usai mengalahkan Swedia dengan skor tipis 2-1 dalam sebuah laga yang sangat dramatis di Stadion Hampden Park, Glasgow, Rabu dinihari (30/6).

Baik Swedia maupun Ukraina memulai pertandingan dengan cukup baik. Kedua tim sama-sama berupaya menekan dan menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Ukraina yang baru pertama kali tampil di fase knock out Euro ini memecahkan kebuntuannya pada menit 27. Pergerakan Andriy Yarmolenko yang kemudian mengirim umpan melengkung membantu Oleksandr Zinchenko untuk membobol gawang Swedia.

Respons positif langsung ditunjukkan Swedia usai ketinggalan 1 gol dari Ukraina. Jelang babak pertama berakhir, umpan Isak kepada Emil Forsberg dilanjutkan dengan sebuah tendangan yang sempat memantul Illia Zabarnyi sebelum masuk ke dalam gawang Ukraina.

Di babak kedua, permainan terbuka masih diperagakan kedua tim. Sama-sama ngotot untuk mencetak gol penentu. Tapi hingga 90 menit pertandingan, tak ada gol tambahan yang dicetak kedua tim

Petaka bagi Belgia pun tiba saat laga memasuki babak tambahan. Swedia harus bermain dengan 10 orang usai Marcus Danielson mendapat kartu merah akibat melanggar Artem Besedin.

Skenario pun berubah. Dan pelatih Swedia, Janne Andersson, tampaknya lebih siap dengan skenario adu penalti ketimbang harus kehilangan satu pemain di tengah laga.

Sehingga angin pun berubah arah ke Ukraina. Dengan keunggulan jumlah pemain, mereka meningkatkan tempo permainan dan terus menekan Swedia yang tampaknya berharap pertandingan akan ditentukan oleh adu penalti.

Hingga akhirnya pemain pengganti Artem Dovbyk memastikan kemenangan Ukraina saat laga memasuki masa injury time. Sebuah umpan silang matang dari Zinchenko dilanjutkan dengan sebuah sundulan terarah ke dalam gawang Olsen.

Itulah gol perdana Dovbyk dalam 3 laganya bersama Ukraina. Gol bersejarah karena mampu membawa Ukraina ke perempat final untuk kali pertama.

"Ini sebuah raihan bersejarah. Nasihat saya untuk semua orang: mari rayakan, hidup hanya sekali dan kami mungkin tidak pernah mengulan momen ini lagi. Saya sangat bangga kami bisa menunjukkan kepada negeri kami dan seluruh Eropa bahwa kami bisa mencapai apa yang kami inginkan," ujar Oleksandr Zinchenko, dikutip laman resmi UEFA, Rabu (30/6).

Di babak perempat final, Ukraina sudah ditunggu Inggris yang sukses melaju usai mengalahkan Jerman 2-0. Laga ini akan dilangsungkan di Stadion Olimpico, Roma, pada Sabtu mendatang (3/7).

Swedia 1-2 Ukraina

(Forsberg 43' - Zinchenko 27', Dovbyk 120'+1)

Swedia: Olsen; Lustig (Krafth 83), Lindelöf, Danielson, Augustinsson (Bengtsson 83); S Larsson (Claesson 97), Olsson (Helander 101), Ekdal, Forsberg; Kulusevski (Quaison 97), Isak (Berg 97)
Pelatih: Janne Andersson

Ukraina: Bushchan; Karavaev, Zabarnyi, Kryvstov, Matviyenko; Sydorchuk (Bezus 118), Stepanenko (Makarenko 94), Zinchenko; Yarmolenko (Dovbyk 106), Yaremchuk (Besedin 91; Tsygankov 101), Shaparenko (Malinovskyi 61)
Pelatih: Andriy Shevchenko.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA