Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cetak Gol Tendangan Bebas ke Gawang NTT, Pigai Warisi Kehebatan Kiper Legendaris Brasil?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 07 Oktober 2021, 13:32 WIB
Cetak Gol Tendangan Bebas ke Gawang NTT, Pigai Warisi Kehebatan Kiper Legendaris Brasil?
Para pemain tim Papua merayakan gol indah John Pigai saat menghadapi NTT di PON XX/Net
rmol news logo Seorang kiper tugas utamanya memang menjaga gawang timnya tak dibobol lawan. Namun demikian, tak dipungkiri juga ada sejumlah kiper yang punya kemampuan mencetak gol. Khususnya saat mengeksekusi bola mati.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Adalah Jhon Pigai yang namanya mendadak jadi pembicaraan publik usai mencetak gol cantik melalui sebuah tendangan bebas. Andai Pigai seorang penyerang, tentu itu menjadi kabar biasa. Tapi Pigai adalah seorang kiper.

Ya, pemain bernama lengkap Jhon Rericnal Pigai itu adalah kiper tim sepak bola Papua yang tampil di ajang PON XX. Saat menghadapi NTT pada Minggu kemarin, Pigai mencetak sebuah gol cantik melalui kaki kirinya.

Gol itu terjadi saat laga sudah memasuki masa tambahan waktu babak kedua. Papua mendapat hadiah tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti NTT. Pigai pun berlari meninggalkan gawangnya dan memohon kepada kapten tim untuk menjadi eksekutor.

Hasilnya, sebuah tendangan kaki kiri Pigai sukses melewati pagar betis skuat NTT dan mengarah tepat ke sudut gawang. Kiper NTT hanya bisa melongo melihat bola tendangan Pigai melesat ke dalam gawangnya.

Papua sendiri menutup laga tersebut dengan skor 4-0. Pigai menjadi pencetak gol ketiga dalam laga tersebut.

"Kaki kirinya sangat luar biasa dan dalam pertandingan bolanya ada di posisi tengah dan ini harus ada orang kiri dan kanan, dan itu peluang yang besar," puji pelatih tim Papua, Eduard Ivakdalam, di Jayapura, Senin (4/10).

Menurut Edu, sapaan akrabnya, Jhon Pigai sudah tiga kali mencetak gol dari tendangan bebas. Dan itu merupakan hasil dari dalam latihan terus menerus yang dilakukan sang kiper.

Aksi Pigai membobol gawang NTT dalam PON XX Papua ini seperti meningatkan publik akan kehebatan kiper legendaris Sao Paulo, Rogerio Ceni. Hingga saat ini, Ceni tercatat sebagai kiper tersubur sepanjang sejarah.

Sepanjang kariernya sebagai kiper bagi klub besar Brasil itu Ceni sudah mencetak 131 gol dalam rentang 1990-2015. Dari total gol tersebut, 61 di antaranya dicetak dari tendangan bebas.

Bahkan pada musim 2005-2006 Ceni tampil sebagai top skorer bagi Sao Paulo. Ceni membukukan 21 gol dari 57 laga pada musim tersebut.

Kiper lain yang dikenal sebagai eksekutor tendangan bebas andal adalah Hans-Jorg Butt. Kiper asal Jerman ini mengoleksi tak kurang dari 32 gol, yang sebagian besar berasal dari tendangan bebas. Membuat dirinya tercatat sebagai kiper paling tajam dalam sejarah Bundesliga Jerman.

Meski tampil gemilang bersama Hamburg, Bayer Leverkusen, dan Bayern Munchen, Butt tak beruntung saat berkostum Timnas Jerman. Maklum, dia berada di era yang sama dengan kiper legendaris Tim Panser, Oliver Kahn. Alhasil, dia cuma sempat tampil dalam 4 laga bersama Timnas Jerman tanpa ada torehan gol. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA