Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Libas Malaysia 4-1, Shin Tae-yong Beberkan Kunci Sukses Tim Garuda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 20 Desember 2021, 08:17 WIB
Libas Malaysia 4-1, Shin Tae-yong Beberkan Kunci Sukses Tim Garuda
Timnas Indonesia akan hadapi Singapura di babak semifinal Piala AFF 2020 usai melibas Malaysia 4-1/PSSI
rmol news logo Satu tiket semifinal Piala AFF 2020 telah digenggam Timnas Indonesia usai melibas Timnas Malaysia pada laga terakhir fase grup, Minggu malam (19/12). Sempat tertinggal 0-1, Tim Garuda mampu membalikkan keadaan dan menang telak 4-1.

Empat gol kemenangan Tim Merah Putih dicetak Irfan Jaya pada menit 36’ dan 43’. Dua gol lain disumbang Pratama Arhan menit 50’ dan Elkan Baggott menit 82’. Sedangkan satu-satunya gol Malaysia dilesakkan Kogileswaran Raj Mohan pada menit 13’.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku sangat senang dengan performa yang ditampilkan para pemainnya dalam laga melawan Malaysia.

"Pemain hari ini bekerja keras dan mencetak banyak gol ke gawang Malaysia. Saya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada para pemain timnas Indonesia," kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI, Senin (20/12).

Kemenangan ini makin lengkap setelah Pratama Arhan terpilih menjadi Pemain Terbaik. Arhan mengikuti jejak Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, dan Alfeandra Dewangga yang pernah meraih predikat itu pada laga-laga sebelumnya. Artinya empat kali bermain, pemain Indonesia selalu menyabet man of the match.

Kemenangan 4-1 melawan Malaysia membuat Indonesia lolos ke semifinal dengan status juara Grup B. Tim Garuda punya poin dengan Vietnam, yang pada saat bersamaan menang 4-0 atas Kamboja, namun unggul agresivitas gol.

"Saya sudah menduga Vietnam pasti bisa menang dengan mudah atas Kamboja. Saya memang harus memperhatikan poin. Kalau poin sama, berlanjut ke selisih gol," ucap Shin.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan ini membeberkan kunci sukses pemainnya bisa berbalik unggul hingga menang telak atas Harimau Malaya. Shin menegaskan kepada seluruh pemain untuk tetap tenang meski kebobolan. Fokus kepada instruksi yang diberikan pelatih.

"Selain itu, kami juga memberikan semangat kepada pemain, agar mereka percaya diri, tidak kalah mental, dan tidak boleh kalah saat berduel berebut bola," tutupnya.

Indonesia akan menghadapi Singapura dalam dua leg pada laga semifinal Piala AFF 2020. Laga pertama dijadwalkan berlangsung pada 22 Desember 2021, sementara laga kedua pada 25 Desember 2021. Seluruh laga digelar di Stadion Nasional Singapura. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA