Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ada Doa dan Keringat Ibu di Balik Sukses Pratama Arhan di Piala AFF 2020

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 27 Desember 2021, 04:28 WIB
Ada Doa dan Keringat Ibu di Balik Sukses Pratama Arhan di Piala AFF 2020
Penampilan apik Pratama Arhan (kanan) tak lepas dari doa dan dukungan penuh ibundanya/Net
Saat Timnas Indonesia mulai menjalani perjuangan mereka di Piala AFF 2020, boleh jadi hanya sedikit yang mengenal sosok Pratama Arhan. Namun, dipastikan kini Arhan telah muncul sebagai idola baru bagi masyarakat Indonesia usai tampil gemilang dalam perhelatan Piala AFF 2020.

Bek kiri asal Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini, bahkan menjadi sosok penting dalam kesuksesan Tim Garuda menembus final Piala AFF 2020. Sebuah sepakan kaki kirinya pada menit-menit akhir laga semifinal kedua melawan Singapura pada Sabtu lalu (25/12), mampu memperpanjang napas Tim Merah Putih hingga akhirnya memenangkan laga dengan skor 4-2.

Ternyata, kesuksesan Arhan kini bersama Timnas Indonesia tak lepas dari doa dan perjuangan ibundanya, Surati. Hal ini dipaparkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang mengaku sangat bangga ada warganya yang bisa ikut berjuang bersama Timnas Indonesia.

"Pratama Arhan, Cah Mblora yang golnya berperan penting dalam lolosnya timnas Indonesia ke semifinal dan Final Piala AFF 2021. Jateng bangga padamu Han..," ucap Ganjar melalui akun media sosialnya, Minggu (26/12).

"Tapi temen-temen, di balik Arhan, ada satu sosok yang lebih penting. Dialah Bu Surati. Ibunda Arhan. Perempuan 44 tahun yang berjuang dengan peluh di sawah, bertani dan berjualan sayur demi menyokong cita-cita Arhan," sambungnya.

Lebih lanjut, Ganjar pun menceritakan bagaimana orangtua pemain 20 tahun itu berjibaku demi mendukung cita-cita sang anak menjadi pemain sepak bola andal.

Seperti dituturkan politikus PDI Perjuangan ini, ibunda Arhan sampai berutang demi bisa membelikan sepatu bagi anaknya. Termasuk untuk membiayai Arhan latihan di SSB Terang Bangsa, hingga mengikuti berbagai turnamen untuk mengasah kemampuan Arhan.

"Hingga akhirnya Arhan masuk PSIS Semarang dan dipanggil Timnas. Terimakasih Bu Surati, sehat selalu," tulis Ganjar.

Unggahan Ganjar Pranowo itu pun direspons Arhan. Melalui kolom komentar, Arhan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

"Terima kasih pak," tulis Arhan.

Penampilan Arhan bersama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020 memang telah menyita perhatian publik. Selain mencetak gol penyama kedudukan saat melawan Singapura, pemain muda PSIS Semarang ini sempat mencetak gol jarak jauh ketika melawan Malaysia di fase grup.

Bahkan, tendangan geledek Arhan itu masuk nominasi gol terbaik di fase grup Piala AFF 2020.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA