Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Persebaya Dituding Tak Dukung Timnas, Aji Santoso: Itu Salah Besar!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 02 Februari 2022, 08:45 WIB
Persebaya Dituding Tak Dukung Timnas, Aji Santoso: Itu Salah Besar<i>!</i>
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso/Net
rmol news logo Persebaya Surabaya tengah menjadi perbincangan hangat usai meminta PSSI untuk membatasi pemanggilan pemain klub untuk tim nasional. Permintaan ini langsung dianggap netizen sebagai sikap tidak mendukung timnas.

Hal itu kontan dibantah Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Dalam sesi konferensi pers jelang laga pekan 22 melawan PSIS Semarang, Selasa (1/2), Aji menegaskan penilaian itu adalah salah besar.

“Ada yang mengatakan kita (Persebaya) sedikit mempertanyakan pemanggilan pemain Persebaya ke timnas, dikatakan pelatih tidak mendukung timnas, manajemen tidak mendukung timnas, itu sangat keliru! Saya mantan pemain nasional bisa memahami (situasi ini). Manajemen juga seperti itu," papar Aji.

"Saya sampaikan kepada netizen juga, salah besar mengatakan Aji Santoso tidak support timnas. Persebaya tidak support timnas, itu salah besar!” tegasnya, dikutip Kantor Berita RMOLSumsel.

Bahkan sebagai bentuk dukungan, Aji siap melepas berapapun pemainnya yang dibutuhkan timnas. Namun, hal itu bisa dilakukan selama jadwal kompetisi tidak bentrok dengan jadwal timnas.  

“Kalau seandainya kompetisi ini berhenti karena ada agenda timnas, jangankan 4, 10 pemain saya kasih. Makanya sinkronisasi antara jadwal kompetisi dengan timnas itu sangat diperlukan,” ujarnya.

Aji menambahkan, dirinya dan manajemen Persebaya berkomitmen mendukung timnas Indonesia. Akan tetapi kalau agendanya berbarengan dengan jadwal kompetisi tentunya manajemen akan bersurat ke PSSI meminta agar tidak semua pemain yang dipanggil akan dilepas, dengan kata lain ada pembatasan pemanggilan.

“Mungkin 2 atau 3 pemain yang dilepas ke timnas. Misalnya ada 6 pemain dipanggil (timnas) terus kita lepas semua, lalu ada 4 atau 5 pemain kena positif Covid-19, apa enggak jadi main di (pertandingan) kompetisinya?” tutur mantan wingback timnas Indonesia era 1990-an itu.  

“Jadi kalau ada orang yang mengatakan Aji Santoso dan Persebaya tidak support timnas, itu orang yang tidak mengerti sepak bola,” imbuh legenda hidup Persebaya ini.

Aji lantas mengkritik jadwal kompetisi yang masih tetap berjalan meski ada agenda timnas. Apalagi turnamen yang diikuti tidak masuk dalam agenda FIFA.

Persoalan terkait timnas dan Persebaya bermula dari pemanggilan beberapa pemain untuk mengisi skuat timnas yang dipersiapkan turun di Piala AFF U23.

Wajar jika Persebaya meminta ada pembatasan pemain yang dipanggil timnas. Sebab, dikabarkan ada 6 pemain Bajul Ijo yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Mereka adalah Ernando Ari, Koko Ari Araya, Akbar Firmansyah, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, dan Marselino Ferdinan.

Namun manajemen Persebaya kemudian mengirimkan surat ke PSSI untuk membatasi jumlah pemain yang dipanggil. Terlebih saat ini ada sejumlah pemain yang harus menjalani karantina akibat terpapar Covid-19.

Entah karena permintaan Persebaya atau pertimbangan lain, akhirnya hanya tiga nama terakhir yang masuk skuat timnas Indonesia untuk Piala AFF U23 yang digelar di Kamboja, 14-26 Februari 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA