Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gabung dengan Vietnam dan Myanmar, Perjalanan Indonesia di SEA Games Tak Akan Mudah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 06 April 2022, 17:01 WIB
Gabung dengan Vietnam dan Myanmar, Perjalanan Indonesia di SEA Games Tak Akan Mudah
Timnas U-23 Indonesia berada di grup berat pada SEA Games 2021 di Vietnam/PSSI
rmol news logo Upaya Timnas Indonesia untuk kembali meraih medali emas di ajang SEA Games 2021 (dilaksanakan 2022, red) bakal penuh perjuangan. Indikasi ini terlihat dari hasil pengundian yang dilakukan pada hari ini, Rabu (6/4), menempatkan Timnas U-23 Indonesia dengan tuan rumah Vietnam.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berdasarkan keterangan resmi PSSI, Timnas U-23 Indonesia bergabung dalam Grup A cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Ini jelas bukan grup yang mudah. Terutama saat menghadapi Vietnam. Selain berstatus tuan rumah, Vietnam saat merupakan salah satu kekuatan utama sepak bola di kawasan Asia Tenggara bersama Thailand.

Bahkan, Indonesia kerap kesulitan ketika menghadapi Vietnam. Seperti yang terjadi pada final SEA Games 2019 di Filipina. Indonesia kalah dengan skor 0-3 dan hanya bisa merebut medali perak.

Sementara itu, Myanmar dan Filipina juga tak bisa diremehkan. Perkembangan sepak bola Myanmar terlihat progresif. Buktinya, Myanmar mampu merebut medali perunggu pada SEA Games 2019, medali perak SEA Games 2015, dan perunggu SEA Games 2011.

Adapun Filipina memang belum pernah merebut medali SEA Games. Tetapi mereka tetap berpotensi muncul sebagai kuda hitam yang bisa jadi batu sandungan setiap tim di Grup A.

Praktis hanya Timor Leste yang di atas kertas bisa ditaklukkan Indonesia. Dalam catatan pertemuan timnas di semua kelompok umur, Timor Leste belum pernah mengalahkan Indonesia.

Di sisi lain, Timnas U-23 ditargetkan PSSI mampu meraih medali emas sepak bola. Sebab, terakhir kali Indonesia meraih emas adalah pada SEA Games 1991.

Perjalanan tim asuhan Shin Tae-yong pada SEA Games 2021 ini akan dimulai dengan menghadapi Vietnam pada 6 Mei 2022, lalu bertemu Timor Leste pada 10 Mei 2022, Filipina pada 13 Mei 2022, dan Myanmar pada 15 Mei 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA