Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Bisa Membela Indonesia di Kualifikasi Piala Asia, Pemain Naturalisasi Asal Spanyol Kecewa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 01 Juni 2022, 04:34 WIB
Tak Bisa Membela Indonesia di Kualifikasi Piala Asia, Pemain Naturalisasi Asal Spanyol Kecewa
Jordi Amat kecewa gagal membela Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023/Net
rmol news logo Kekecewaan tengah dirasakan bek tengah asal Spanyol, Jordi Amat. Bersama Sandy Walsh, pemain hasil naturalisasi itu dipastikan tak bisa membela Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Itu kabar yang menyedihkan bagi saya dan Sandy. Namun kami berusaha menanggapinya dengan positif. Kami tetap berlatih dengan tim nasional Indonesia untuk lebih mengenal satu sama lain, termasuk teman-teman, pelatih dan para staf,” ucap Jordi, usai berlatih di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (31/5).

Jordi Amat dan Sandy Walsh (Belanda) merupakan bagian dari pemain luar negeri keturunan Indonesia yang berkas administrasi naturalisasinya ke WNI sedang diproses oleh pemerintah.

Mereka awalnya disiapkan untuk memperkuat Timnas Merah Putih di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung 8-14 Juni 2022. Akan tetapi, ternyata proses naturalisasi mereka belum tuntas hingga batas waktu pendaftaran sudah lewat.

Andaipun tuntas, dari sisi legalitas negara, mereka tetap mesti mengurus perubahan asosiasi sepak bola dari negara masing-masing ke PSSI, karena itu menjadi syarat dari FIFA.

Jordi Amat memahami kondisi yang terjadi saat ini. Oleh karena itulah dirinya tidak terlalu gusar dan kini berupaya keras untuk segera menuntaskan proses perubahan warga negara tersebut.

“Perubahan asosiasi di FIFA itu memang sulit dan rumit. Namun kami akan terus berusaha. Semoga kami segera mendapatkan paspor Indonesia dan bergabung dengan timnas pada pemanggilan selanjutnya,” tutur pesepak bola berusia 30 tahun itu.

Meski belum sepenuhnya menjadi WNI, Jordi dan Sandy Walsh sudah ikut berlatih bersama timnas Indonesia di Bandung sejak 27 Mei 2022.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae yong pun memuji penampilan mereka dalam latihan. Akan tetapi, jurutaktik asa Korea Selatan itu mengakui keduanya butuh waktu untuk kembali ke performa maksimal.

Menurut Shin, absennya Jordi dan Sandy dalam Kualifikasi Piala Asia 2023 sedikit mengurangi kekuatan Tim Garuda. Walau begitu, dia tetap bertekad menyiapkan skuad dengan maksimal agar dapat tampil di Piala Asia 2023.

Di Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal yang relatif kuat. Namun, Jordi Amat menilai Indonesia mempunyai potensi untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

“Saya 100 persen percaya kepada timnas Indonesia. Saya sudah berlatih bersama mereka dan mengetahui bahwa mereka skuat yang bagus. Intensitas permainan timnas bagus dan kompak. Saya berharap yang terbaik, saya yakin mereka bisa lolos dari kualifikasi,” tutup Jordi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA