Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menang 2-0 atas Filipina, Ketum PSSI Soroti Sejumlah "Lubang" di Tim U-16 Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 01 Agustus 2022, 09:46 WIB
Menang 2-0 atas Filipina, Ketum PSSI Soroti Sejumlah "Lubang" di Tim U-16 Indonesia
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meminta permainan Tim U-16 Indonesia dievaluasi karena masih memiliki banyak kekurangan/Net
rmol news logo Meski menang 2-0 atas Filipina dalam laga perdana Piala AFF U-16, Minggu malam (31/7), bukan berarti permainan Tim U-16 Indonesia sudah sempurna. Justru harus ada evaluasi untuk memperbaiki sejumlah lubang yang dimiliki skuat asuhan Bima Sakti itu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Saya memerintahkan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri, red) untuk berkomunikasi dengan pelatih U-16 Bima Sakti. Masih banyak kekurangan yang mesti diperbaiki," ucap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, usai pertandingan (31/7).

Dituturkan pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, ada sejumlah "lubang" yang dimiliki tim U-16. Yaitu di sektor kiper, bek, dan lini serang.

Kiper yang diturunkan dalam laga melawan Filipina, Andrika Fathir Rachman, dinilai tampil tidak percaya diri. Bahkan nyaris membuat blunder saat operannya hampir masuk ke dalam gawang sendiri.

Di lini belakang, Iwan Bule menganggap para pemain masih kerap melakukan pergerakan tidak perlu. Setali tiga uang dengan lini depan yang masih kurang tajam dalam penyelesaian akhir.

"Lalu, fisik pemain belum begitu maksimal. Mungkin masih kurang latihan fisik. Saya minta itu ditingkatkan. Saya menginstruksikan kepada Direktur Teknik PSSI untuk menunjukkan potongan-potongan video kesalahan pemain untuk menjadi bahan evaluasi agar penampilan tim lebih baik pada laga selanjutnya," papar Ketum PSSI.

Meski demikian, purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu tetap berterima kasih atas perjuangan pemain, pelatih, dan ofisial Tim U-16 yang berbuah kemenangan dua gol tanpa balas atas Filipina.

Beberapa kekeliruan yang terjadi di lapangan, dianggap wajar karena para pemain skuat berjuluk "Garuda Asia" masih berusia remaja. Bahkan, laga tadi malam merupakan laga internasional pertama bagi mereka.

"Mereka ini anak-anak, jadi mungkin masih ingin memperlihatkan mereka bisa menggiring, mengoper bola. Namun, kalau lawan mampu mencetak gol, skor akan menjadi 2-1 dan berikutnya bisa saja 2-2," katanya.

"Walau demikian, saya berterima kasih kepada pemain dan pelatih. Kemenangan dari Singapura ini membuat kami cukup percaya diri untuk laga melawan Singapura," tutup Iriawan.

Tim U-16 Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam laga Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Minggu malam (31/7).

Dua gol Indonesia dihasilkan melalui gol bunuh diri pemain Filipina Jared Pena dan penyerang Arkhan Kaka Purwanto pada babak pertama.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Singapura pada Rabu lusa (3/8). Pertandingan tetap dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, pada pukul 20.00 WIB. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA