Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

PIALA DUNIA 2022

Kental Aroma Barcelona, Spanyol Berpotensi Ulang Sukses Piala Dunia 2010?

LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 17 November 2022, 17:21 WIB
Kental Aroma Barcelona, Spanyol Berpotensi Ulang Sukses Piala Dunia 2010?
Skuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 sangat kental dengan aroma Barcelona/Net
Kesuksesan Spanyol meraih trofi Piala Dunia pada edisi 2010 tampaknya akan jadi motivasi skuat Tim Matador saat akan memulai perjuangan mereka di Piala Dunia 2022. Terlebih, saat ini Timnas Spanyol didominasi pemain asal Barcelona, seperti yang terjadi pada 2010.

Dari daftar 25 pemain yang dipanggil pelatih Luis Enrique untuk tampil di Qatar 2022, ada 7 pemain asal Barcelona yang berpotensi jadi andalan di setiap laga. Mulai dari lini pertahanan hingga lini depan, ada wakil Barcelona di dalamnya.

Di lini belakang, Barcelona mengirim Eric Garcia dan Jordi Alba. Di lini tengah ada Sergio Busquets yang menjabat kapten tim, yang didampingi 2 pemain belia penuh talenta: Gavi (18) dan Pedri (19). Meski masih belasan tahun, dua pemain tersebut berpeluang besar punya menit bermain yang banyak di Piala Dunia 2022.

Kemudian di lini depan ada Ferran Torres dan sang pemilik nomor punggung 10 di Barcelona, Ansu Fati.

Kehadiran 7 penggawa Blaugrana itu memang mengingatkan publik dengan komposisi Spanyol saat menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Saat itu ada 8 pemain Barcelona yang menjadi andalan di harmpir setiap laga.

Sebut saja, Carles Puyol, Gerard Pique, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Sergio Busquets, dan Cesc Fabregas. Selain itu masih ada Pedro Rodriguez dan Victor Valdes yang berstatus pelapis.

Nah, dengan komposisi yang tak jauh beda dari Piala Dunia 2010, Spanyol pun masuk kandidat tim yang layak tampil di laga puncak pada 18 Desember mendatang.

Terlebih, aroma Barcelona di skuat Spanyol kali ini makin kental dengan kehadiran Luis Enrique, sang entrenador. Saat aktif bermain, Enrique merupakan salah satu andalan Barcelona. Pun saat menjadi pelatih, mantan Timnas Spanyol ini juga pernah dipercaya menangani klub yang pernah membesarkannya itu.

Dengan demikian, wajar jika publik Spanyol sangat berharap Enrique bisa mengikuti jejak seniornya, Vicente del Bosque, yang sukses mempersembahkan trofi Piala Dunia pertama dan satu-satunya yang pernah diraih Spanyol.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA