Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

PIALA DUNIA 2022

Kalahkan Uruguay 2-0, Portugal Susul Prancis dan Brasil ke 16 Besar

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 29 November 2022, 08:52 WIB
Kalahkan Uruguay 2-0, Portugal Susul Prancis dan Brasil ke 16 Besar
Portugal pastikan tiket babak 16 besar usai mengalahkan Uruguay/Net
Laga nan alot tersaji di Lusail Iconic Stadium, Selasa dini hari WIB (29/11) saat Portugal bertemu Uruguay. Meski akhirnya Dewi Fortuna lebih berpihak kepada Portugal.

Dengan kekuatan yang relatif seimbang, dua kesebelasan terlihat sama-sama hati-hati agar tidak kebobolan lebih dulu. Alhasil tak banyak peluang yang tercipta sepanjang babak pertama. Meski Portugal sedikit mendominasi dalam penguasaan bola.

Seleccao baru bisa memecah kebuntuan melalui sebuah set pieces yang dieksekusi Bruno Fernandes pada menit 54. Tendangan melengkung Bruno mengarah tepat ke tiang jauh dan langsung mengoyang jala gawang Uruguay.

Menariknya, sebelum bola memasuki gawang, Cristiano Ronaldo sempat melompat untuk melakukan sundulan. Pemain yang segera meninggalkan Manchester United itu pun bersorak karena menilai bola menyentuh kepalanya sebelum masuk ke dalam gawang.

Namun, panitia menyatakan gol tersebut milik Bruno Fernandes. Dari tayangan ulang pun menegaskan bahwa bola sama sekali tidak menyentuh kepala atau tubuh Ronaldo sebelum masuk ke dalam gawang.

Uruguay yang coba menyamakan kedudukan langsung menggencarkan tekanan. Setidaknya ada dua peluang emas yang didapat Uruguay setelah gawang mereka kebobolan.

Pada menit ke-75 bola tembakan Maximiliano Gomez dari depan kotak penalti membentur tiang. Dua menit kemudian giliran sepakan Luis Suarez yang hanya mengenai sisi luar jaring.

Portugal yang sedikit tertekan justru mampu menambah keunggulan saat laga memasuki tambahan waktu. Gol tambahan ini dicetak Bruno Fernandes melalui titik penalti, menyusul handball Jose Gimenez.

Alhasil, Portugal pun kokoh bertengger di puncak klasemen Grup H dengan koleksi 6 poin. Sekaligus memastikan diri untuk tampil di babak 16 besar, menyusul jejal Prancis dan Brasil yang sudah lebih dulu meraih tiket yang sama.

Portugal 2-0 Uruguay

(Bruno Fernandes 54', 90+3'- p)

Portugal: Costa; Cancelo, Dias, Pepe, Mendes; Neves, Carvalho; Silva, Fernandes, Félix; Ronaldo.

Uruguay: Rochet; Gimenez, Godin, Coates; Varela, Valverde, Bentancur, Vecino, Olivera; Cavani, Nunez.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA