Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PIALA DUNIA 2022

Masih Terlalu Tangguh bagi AS, Belanda Lanjutkan Langkah ke Perempat Final

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 03 Desember 2022, 23:58 WIB
Masih Terlalu Tangguh bagi AS, Belanda Lanjutkan Langkah ke Perempat Final
Belanda jadi tim pertama yang memastikan diri tampil di perempat final Piala Dunia 2022/Net
rmol news logo Belanda masih tetap bisa melanjutkan perjuangan mereka di Piala Dunia 2022. Sekaligus mengubur mimpi Amerika Serikat untuk bisa tampil lebih jauh sepanjang turnamen sepak bola terbesar sejagat ini.

Sebagai tim yang dikenal dengan permainan menyerang, Belanda memang sudah langsung berinisiatif melakukan tekanan begitu wasit meniup peluit kick off. Namun dari sejumlah peluang yang diciptakan, belum ada yang cukup membahayakan gawang AS.

Baru pada menit 10, sebuah serangan Belanda bisa menghasilkan gol. Memphis Depay menunjukkan ketajamannya sebagai striker ulung dengan melakukan sebuah penyelesaian akhir yang akurat ke arah tiang jauh.

AS bukan tanpa perlawanan. Mereka bahkan menerapkan pressure yang kuat begitu pemain Belanda menguasai bola. Namun, strategi ini tampaknya bisa diantisipasi dengan pergerakan lincah skuat besutan Louis van Gaal itu.

Bahkan, Belanda mampu menambah keunggulan saat laga memasuki tambahan waktu babak pertama. Melalui sebuah pergerakan di sisi kanan, Denzel Dumfries mengirim umpan yang dilanjutkan dengan sempurna oleh Daley Blind.

Memasuki babak kedua, AS makin menggebu melakukan serangan. Sejumlah peluang pun mampu mereka ciptakan di awal-awal babak kedua. Tapi belum ada yang bisa diselesaikan dengan baik hingga menghasilkan gol.

AS nyaris memperkecil kedudukan pada menit 75 saat Haji Wright yang lepas dari jebakan offside mampu menerobos kotak penalti Belanda tanpa terkawal. Beruntung, sepakannya masih bisa dihalau bek Belanda meski sudah melewati kiper Belanda, Andries Noppert.

Dan, akhirnya gol bagi AS pun tercipta tak sampai satu menit kemudian. Umpan Christian Pulisic dari sisi kanan pertahanan Belanda dipantulkan Wright ke arah tiang jauh yang tak bisa dijangkau Noppert.

Gol yang memicu semangat pasukan Paman Sam untuk lebih banyak menggedor pertahanan De Oranje. Namun, mereka menjadi sedikit lengah di pertahanan.

Akibatnya,  Dumfries menghukum kelengahan tersebut dengan sebuah gol tambahan bagi Belanda. Umpan silang Blind dari sisi kiri mengarah tepat ke arah Dumfries yang sangat bebas tanpa pengawalan.

Dengan mudah pemain 26 tahun itu melakukan tendangan kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh gawang AS. Belanda pun makin dekat ke babak perempat final.

Belanda 3-1 Amerika Serikat
(Depay 10', Blind 45+1',  Dumfries 81' - Wright 76')

Belanda: Andries Noppert, Daley Blind, Nathan Ake, Virgil van Dijk, Jurrien Timber, Denzel Dumfries, Marten de Roon, Davy Klaassen, Frenkie de Jong, Cody Gakpo, Memphis Depay.

Amerika Serikat: Matt Turner, Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tyler Adams, Antonee Robinson, Yunus Musah, Weston McKennie, Christian Pulisic, Tim Ream, Tim Weah, Jesus Ferreira. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA