Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

3 Negara Kena Sanksi, FIFA Kantongi Setoran Lebih dari 1,6 M

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 08 Desember 2022, 18:45 WIB
3 Negara Kena Sanksi, FIFA Kantongi Setoran Lebih dari 1,6 M
Ilustrasi/Net
rmol news logo Federasi sepak bola dunia, FIFA, menjatuhkan sanksi denda kepada 3 negara peserta Piala Dunia 2022. Dari denda yang dijatuhkan ke 3 negara tersebut, FIFA setidaknya mengantungi dana segar lebih dari Rp 1,6 miliar.

Tiga negara yang mendapat hukuman FIFA itu adalah Kroasia, Serbia, dan Arab Saudi.

Seperti dikutip Washington Post, Kamis (8/12), FIFA menjatuhkan denda kepada Kroasia usai fansnya menyerang kiper Kanada, Milan Borjan, secara verbal. Kiper yang punya darah Serbia itu jadi sasaran pelecehan suporter.

Atas ulah suporternya itu, Kroasia didenda 50 ribu swiss franc atau sekitar Rp 830 juta.

Sementara Serbia mendapat hukuman denda karena memasang spanduk bernada politis di ruang ganti mereka  sebelum laga melawan Brasil.

Spanduk yang tergantung di loker tim Serbia itu bergambar peta negara Kosovo, negara yang pernah menjadi bagian Serbia, dengan tulisan 'No Surrender'

Spanduk itu lantas dikeluhkan Federasi sepak bola Kosovo. FIFA pun akhirnya menjatuhkan denda sebesar 20 ribu swiss franc atau sekitar Rp 332,4 juta.

Terakhir, denda yang didapat Arab Saudi agak berbeda dengan dua negara di atas. Bukan karena ulah suporter atau aksi bernada politis, tapi karena permainan kasar para pemain Arab Saudi saat melawan Argentina dan Meksiko di fase grup.

Dalam dua laga tersebut, tim Arab Saudi menerima sedikitnya 6 kartu kuning. Alhasil, Arab dijatuhi pun diden denda Rp 498,7 juta oleh FIFA.

Total uang denda yang didapat FIFA dari tiga negara tersebut mencapai Rp 1,66 miliar. Wow. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA